Sabtu, 09 Oktober 2010

MANFAATAN LIMBAH BIO GAS





BIO GAS SEKALA RUMAH TANGGA

Kebutuhan bahan bakar rumah tangga pada umunya adalah gas LPG, minyak tanah, kayu bakar.
Bahan bakar bio gas selama ini masyarakat tidak mengetahui cara memproduksi, manfaat dan keuntungan yang dihasilkan.
Masyarakat bisa merencanakan besaran reaktor yang di buat, sesuaikan dengan kebutuhan harian. Misalnya kebutuhan rata - rata setiap hari adalah 2 ltr minyak tanah, maka reaktor yang harus dibuat sebesar 4 meter kubik, dimana setiap hari akan menghasilkan bio gas sebanyak -+ 4 kubik, setara dengan minyak tanah 2ltr.
Dari limbah reaktor biogas akan dihasilkan kompos organik padat dan cair, dimana keduanya bisa langsung dimanfaatkan sebagai media tanam dan pengairan yang mengandung unsur - unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.
Masyarakat agraris! sudah saatnya merubah cara pandang dan metode ( managemen )dalam dunia agraris.
1 - Di awali dengan peternakan ; Dari peternakan inilah petani akan dipacu penghematan yang luar biasa.
2 - Pengelolaan limbah terpadu ; Di olah menjadi BIO GAS yang menhemat BBM sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan, pahami!.
3 - Pemanfaatan limbah padat dan cair sebagai pupuk organik gratis, ada beberapa keuntungan langsung yang diperoleh.
4 - Pemanfaatan limbah sebagai pupuk dan sumber pakan perikanan.

1 komentar:

  1. merubah pemiiran para petani tidak mudah ya pak. kita harus terjun langsung gak bisa main petunjuk saja. sayangnya mereka susah berubah juga, padahal orang islam itu harus mudah berubah. tobat itu kan perubahan. memang harganya mahal ya pak kalo mau berubah.
    semoga amalan sediit ini mampu membuka mata dan carawala berpikir orang kecil ....... kalao mereka mandiri maka bangsa ini akan jadi mandiri .... bismillah lahaula walaquwata illabillah

    BalasHapus